Sejarah

Sejarah perjalanan Pondok Quran

a.  Masa Perintisan

Periode ini dirintis oleh Ustadz Hery Saparjan, al Hafizh dengan membentuk halaqah – halaqah tahfizh al Quran dari mesjid ke mesjid semenjak  Januari 2008 sampai Agustus 2009. Dari perjalanan periode ini mulai terimpikan untuk mengakomodir sebuah halaqah tahfizhul quran yang lebih terorganisir sehingga dapat menampung santri yang lebih banyak dan metode dan kurikulum yang lebih efisien, dengan konsep beasiswa dengan harapan para santri lebih fokus dalam menyelesaikan hafalannya.

b. Masa Pendirian.

Pada periode ini mulailah dicanangkan untuk mendirikan sebuah ma’had tahfizhul quran. Bermula dengan dibentuknya halaqah tahfizhul quran lil ikhwan – beasiswa yang berkedudukan di buah batu pada bulan November 2009. Seiring dengan berjalannya waktu perkembangan mahad ini mendapat apresiasi yang positif dari berbagai kalangan, sehingga untuk meningkatkan kredibiltas di bentuklah sebuah ma’had dengan nama Pondok Quran pada tanggal 10 April 2010 yang berorientasi untuk mengakomodir kegiatan tahfizh al quran dengan konsep beasiswa.

c. Masa Pengembangan

Seiring dengan berjalannya kebutuhan masyarakat akan hadirnya pada hafizh semakain besar dan tidak terbatas pada ikhwan saja. Sehingga pada tanggal 1 Juli 2010 dibentuklah halaqah al quran lil akhawat dengan konsep beasiswa yang berkedudukan di Cikaso. Kemudian halaqah al quran lil ikhwan pun mengalami perkembangan dengan didirikannya halaqah al quran BILAL yang berkedudukan di Cigadung. Tahap perkembangan selanjutnya Pondok Quran akan terus mengakomodir halaqah tahfizh al quran untuk ikhwan ataupun akhawat.

Iklan